Sabtu, 19 Mei 2012

Pertemuan Singkat yang Berkesan: Bertahan di tengah Kekurangan

Malam itu gue baru aja pulang makan bareng temen-temen. Jarum jam udah menunjuk hampir pukul 9 malam. 
Waktu itu jalanan sepi, lampu penerangan jalan pun banyak yang mati. Kayak cinta gue ke mantan yang juga udah mati.. #eh #KembaliKeLaptop #okesip
Gue juga sedikit heran karena biasanya jalanan gak sesepi & segelap ini.
Motor sengaja gue bawa pelan, karena takut tiba-tiba ada lubang di depan.

Sesaat kemudian gue ngeliat sosok bapak tua berjalan di pinggir jalanan yang gelap itu.
Perlahan tapi pasti, bapak tua itu melangkahkan kakinya menyusuri gelapnya jalanan.
Pertamanya gue mikir kalo bapak tua ini pengamen ato pengemis, jadi gue sengaja berhenti kira-kira 20 langkah di depan dia.
Maksud gue mau kasih beberapa ribu yang masih tersisa di saku celana.

Emang, saat itu kondisi perekonomian dompet gue lagi kritis, abis bayar utang sih soalnya, hehe..
Tapi gue selalu inget kata-kata ortu gue yang mengajarkan untuk selalu berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan.
Gue sangat bersyukur terlahir ditengah keluarga yang berprinsip bahwa memberi gak akan membuat kita tambah miskin.
Memberi justru akan membuat Tuhan seneng, soalnya kita udah mau jadi saluran berkat bagi orang lain. Dan gue sangat mengamini hal ini.

Oke, kembali lagi ke cerita sebelumnya. #HarusFokus #okesip
Ceritanya nih gue udah siapin duit di tangan, terus rencananya buru-buru kabur setelah nyerahin tuh duit ke bapak tua tadi. *Biar keren kayak Zorro* :)
Tapi setelah gue perhatiin dari spion, kok orang ini jalannya pake tongkat.
Gue sih pertamanya mikir kalo ini orang udah tua banget.
Penerangan jalan yang kurang emang bikin penglihatan gue jadi lemah, karena gue emang gak ada turunan kelelawar :))

Setelah beberapa saat, orang tua itu akhirnya sampai di deket tempat gue berhenti. 
Gue bener-bener kaget, ternyata bapak tua ini gak bisa ngeliat alias tunanetra.
Jujur gue gak nyangka, gue speechless..
Langsung kebayang di pikiran gue, gimana rasanya kalo gue yang ada di posisinya saat itu. Rasanya gue gak bakal sanggup.

Trus langsung aja gue masukin duit yang udah ada di tangan ke dalam gelas plastik yang emang dibawa orang tua ini sepanjang jalan.
Setelah itu spontan gue nanya tujuan dia mau kemana. Spontan karena kebawa suasana yang menyentuh.
Orang tua ini pun menunjuk sebuah daerah yang cukup jauh, apalagi kalo ditempuh pake jalan kaki.
Dia pertamanya bilang mau nunggu angkot di perempatan depan, jaraknya kira-kira masih 200 meter.
Secara refleks gue nawarin orang tua ini untuk bareng aja ama gue.
Lantas gue mikir kalo waktu itu udah malem & jarang ada angkot lewat.
Akhirnya, gue minta ijin buat nganterin si bapak langsung pulang ke rumahnya.

Sempet sih terlintas di pikiran gue, “Gimana misal orang ini ternyata cuma pura-pura buta? Kalo tiba-tiba dia ngeluarin pisau trus gue ditusuk, matilah gue”. #dramatis
Tapi rasa khawatir itu perlahan sirna ketika gue mencoba ngobrol dengan bapak ini.
Suaranya yang kalem khas bapak-bapak usia paruh baya pelan-pelan menepis keraguan gue & membuat gue yakin kalo beliau ini orang baik-baik.

Singkatnya, dari obrolan itu gue jadi tau kalo bapak ini udah 10 tahun nikah, tapi masih belum dikaruniai anak.
Kerjanya pun bisa dibilang serabutan.
Kalo lagi rejeki, si bapak biasa terima orderan buat mijit. Tapi itu pun gak terus-terusan tiap hari.
Nah, kalo pas gak ada orderan mijit, si bapak biasanya ngamen.
Pas ngamen, jarak yg beliau tempuh pulang-pergi bisa hampir 25 km.
Bayangin, 25 km jalan kaki dengan kondisi gak bisa ngeliat apa-apa. Itu perjuangan luar biasa! Salut!
Setelah beberapa kali nanya abang becak, akhirnya gue bisa nganterin si bapak pulang ke rumahnya.
Dan perasaan gue bahagia banget bisa nolong bapak ini. :)

Dari pertemuan singkat dengan bapak ini gue belajar tentang betapa berartinya hidup.
Kondisi fisik yang “kurang” tak dijadikan alasan untuk menyerah, maupun sebagai alasan untuk dikasihani.
Beliau bener-bener memahami tentang arti sebuah tanggung jawab. Terutama dalam posisinya sebagai seorang kepala keluarga.
Mengeluh tak menjadi pilihan yang beliau ambil, terlihat dari raut wajahnya yang ceria kala itu.
Semangat pantang menyerah merupakan bahan bakar dalam menjalani kesehariannya. Kalo gak gimana dia bisa sanggup jalan segitu jauhnya, tiap hari.
Kesederhanaan dalam bersikap & bertutur kata, adalah sebuah nilai plus dalam proses bersosialisasi. Sebuah hal yang menurut gue udah jarang ditemuin, khususnya di kota besar.

Oya, gue lupa kasih tau. Nama bapak ini Suwito.
Tinggal di Surabaya, tepatnya Kedung Tomas II (Nomor rumahnya gue kurang tau), yaitu gang kecil yang ada di seberang apartemen sekitaran STIESIA Surabaya.
Bagi yang ingin menghubungi beliau bisa telpon ke nomor yang tempo hari dikasih ke gue yaitu (031) 83102171

Semoga tulisan ini bermanfaat & semoga pak Suwito selalu diberi kesehatan juga berkat yang melimpah. Amin.

Jangan lupa buat follow twitter gue @mahasiswamepet. God Bless Indonesia! :)

2 komentar: